Home » Wisata Di Jogja » Menikmati “Cahaya Surga” dan Memacu Andrenalin di Goa Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta.

Menikmati “Cahaya Surga” dan Memacu Andrenalin di Goa Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta.

pre-wedding-di-goa-jomblang

Kamu bisa juga bikin poto pre wedding di goa jomblang. Mau??

Sudah pernah dengar tentang wisata alam Goa Jomblang di Jogja? Goa ini merupakan salah dari berbagai lokasi wisata menarik di Jogja. Karena memang merupakan wisata alam berkonsep petualangan dan belum dikelola secara komersial, maka Goa Jomblang Jogja merupakan wisata alam yang menarik. Utamanya buat kamu yang menyukai petulangan yang memacu andrenalin.

Berikut ini kita tengok beberapa hal tentang Goa Jomblang Jogja. Dari alamat atau lokasi, arah rute perjalanan, biaya berpetualang di Goa Jomblang, dan penginapan terdekat.

Lokasi Wisata Alam Goa Jomblang Jogja beralamat di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Merupakan goa Vertikal tipe Collapse doline. Yaitu goa yang terbetuk akibat amblasnya tanah beserta tumbuhan diatasnya, amblas ke dasar bumi dan terjadi ribuan tahun lalu. Runutuhan tanah yang ambles itu menjadi bentuk sumuran. Dalam bahasa Jawa biasa disebut luweng. Dala goa Jomblang, terdapat mulut goa yang luasnya 50 meter disebut Luweng Jomblang. Lorong yang panjang sekitar 300 m dan dihias berbagai ornamen goa yang menakjubkan. Menyusuri lorong ini kita akan tiba di Goa Grubug.

cahaya-surga-goa-grubug

Fenomena cahaya surga goa grubug di Goa Jomblang Jogja

Di goa Grubuk inilah terjadi fenomena yang menjadi daya tarik paling kuat bagi wisatawan lokal maupun asing. Luweng Grubug/Goa Grubug memiliki tinggi 90 meter. Pada antara jam 10-12 siang, dari mulut Goa sinar matahari akan membentuk tiang cahaya yang disebut “Cahaya Surga”. Konon fenomena ini hanya ada disini dan satu-satunya di dunia. Karena indahnya fenomena ala mini, sampai-sampai  goa ini pada tahun 2011 pernah dijadikan tempat pengambilan gambar oleh Amazing Race Amerika.

Untuk saat ini, lokasi wisata alam Goa Jomblang ini menjadi konservasi dan dilindungi. Karena demi menjaga keutuhan ekosistem dan kelestarian, maka kunjungan ke Goa Jomblang pun dibatasi. Untuk masuk bersamaa, maksimal rombongan adalah 25 orang.

Untuk menikmati pesona alam Goa Jomblang Jogja, para wisatawan harus didampingi oleh pemandu dan menggunakan alat keamanan standard. Tapi nggak usah repot bawa peraatan sendiri. Karena dengan harga tiket antara Rp.450.000-Rp.500.000, sudah termasuk guide, peralatan SRT set, makan siang, asuransi IAG (tidak termasuk transport). Pembayaran ini dilakukan secara cash di lokasi.

proses-turun-ke-dasar-goa-jomblang

Begini lo proses turun ke dasar goa jomblang untuk menjelajahi goa dan berburu “Cahaya Surga”

Lumayan mahal memang. Tapi mahalnya biaya masuk Goa Jomblang Jogja ini akan tergantikan begitu kita menemukan fenomena “cahaya surga” di Goa Jomblang. Untuk penginapan atau akomodasi saat berkunjung ke wisata Goa Jomblang, bisa memanfaatkan sarana yang telah tersedia oleh pengelola konservasi alam ini.

Itulah sedikit informasi tentang wisata alam Goa Jomblang di Gunung Kidul Jogja. Cocok bagi kamu yang menginginkan wisata alam yang menantang dan penjelajahan alam. Jangan lupa, jaga kebersihan dan ikuti arahan dari pemandu wisata. Jangan terlalu narsis juga lalu selfi selfi di tempat yang harus dijaga kelestariannya. Oke, semoga jadi tambahan referensi lokasi wisata jogja buat kamu, bagikan info ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *